Saturday, November 14, 2009

Yang belang memang favorit

Tanggal 12 November yang lalu, dalam rangka memeriahkan acara gonzaga festival di sekolah, gue berpartisipasi mengikuti lomba menghias payung atau umbrellart. Didalam lomba ini, kita diwajibkan menghias payung yang berhubungan dengan kebudayaan. Awalnya gue emang tertarik, tapi gue kan gak bisa gambar, apalagi kalo ditentuin temanya. Tapi karena ketuanya temen gue sendiri, dan dia memohon supaya gue mau ikut, yah apa boleh buat.
pas hari H, gila gue deg degan abis. Pesertanya ada 7 orang termaksud gue. Gila mereka tuh persiapan banget yah, beda kaya gue yang cuma menyiapkan crayon 7 warna dan cat acrylic warna merah dan hijau. Pas lomba dimulai, gue masih pede ajah. Tapi pas dipertengahan acara, dimana mulai banyak orang yang mondar mandir, liat sana sini, sambil bisik bisik melihat para peserta umbrellart bertempur, mental gue udah JATUH. Karya gue jauh banget sama karya mereka semua. Dari awal gue udah tau kalo gue gak bisa gambar, dan gue gak nyiapin apa apa untuk lomba, jadi gue cuma bikin merah putih ajah kaya gini.

Dan tau gak, para peserta lain tuh keren banget, apalagi temen gue melly yang gambar nya gak usah ditanya lagi kaya apa. Ada yang bikin reog, penari, monas, burung, dan yang aneh yaitu gue. Hikz hikz gue rasanya mau nangis saat itu. Gue mau pulang, gue mau tidur, gue mau ngelupain payung itu. Mental gue tambah hancur saat semua penonton pada memuja muji karya payung peserta lain. Ada yang bilang "gila, keren banget tuh yang burung!", "eh bukan, liat tuh
melly, parah!", "eh, yang monas lucu!". Pas mereka liat payung gue, tau apa reaksinya? No, mereka gak bisa ngomong apa-apa sangking bingungnya kali yah. Gue yakin pasti mereka mikir kalo gue bego, gila, tolol, nekad, dan aneh karena payung gue itu lebih cocok buat 17an bukan kebudayaan. Gue ngewarnai pake crayon, dan itu capek banget. Udah gitu warna nya luntur. Untung gue punya cat merah, jadi selamet dikit lah. Percaya deh, gue bener bener malu. Kalo bisa nangis juga ditempat itu langsung., gue pasti lebih milih nangis ketimbang ngelanjutin ngewarnainnya.
Setelah panitianya bilang kalo waktu tinggal 5 menit lagi, gue langsung kabur dengan menahan rasa malu gue yang gak ilang itu. Tapi panitia nya menyodorkan kertas, dimana gue harus tulis judul dari karya gue dan alasan gue membuat itu. Mau tau apa jawaban gue?
Judul : Batik merah putih (tapi gak mirip batik kan?, huhh bodo deh)
Alasan : Didalam merah putih terdapat ribuan kebudayaan yang gak bisa digambarkan dalam 1 payung. hahahhaha gila alesan gue hebat kan. Padahal gue emang gak bisa gambar.
Udah deh,, setelah itu gue langsung pulang.
Malemnya gue gak bisa tidur sumpah. Gue gak takut kalah, tapi samapai detik ini gue paling takut malu. itu doang. Akhirnya gue sempet merintikkin air mata sebelum terlelap. Nah pas tanggal 14 november kembarin, gue udah tau kalo yang menang itu temen gue melly( gambarnya cuma bisa bikin gue berkata GILA). Tapi, pas gue ketemu guru seni gue(dia jurinya loh) yang bernama Dj. Dia negur gue, trus bilang gini:woi, payung luh tuh favorit gue loh!" Dengan tampang bloon dan gak percaya gue langsung bilang "lu gak salah j?", trus dia bales "iya gue suka payung lu, enak diputer puter dan cuma gue yang belain payung lu loh!"
Tau reaksi gue setelah dia ngomong kaya gitu? Gila buat dapet nilai seni gambar 75 ajah gue gak pernah bisa. Masa orang kaya dj gitu bisa bilang favorit dia, huh gue gak percaya tapi gue seneng parah. Biarpu gak juara, setidaknya payung gue bisa dinikmati banyak orang. Betul ajah loh, banyak yang foto foto pake payung gue. Setidak nya itu bikin rasa malu gue hilang dikit. Thx God.




0 comments: